Saturday, April 16, 2011

Pinata

Bermula dari menonton Gossip Girls Season 4 episode 16 (lengkap yaaa) tentang ulang taun Eric Bass. Disitu ada banyak piñata tergantung-gantung sebagai bagian dekor acara ultahnya. Lalu terbersitlah dalam pikiran, yang entah mengapa baru sekarang padahal sudah sering liat piñata, gimana ya cara buatnya? Dan apa isinya piñata itu?

Hasil googling sana-sini, saya rangkumkan inti dari piñata itu apa daaannn gimana cara bikinnya. Anyway, ternyata ada beberapa toko yang menjual piñata dalam berbagai bentuk menarik, kayanya buat kado atau ide ulang taun lucu juga!

Pinata konvensional


Mermaid Pinata

Cars Pinata

Superman Pinata

Nemo Pinata

Oke, saya ga akan cerita sejarahnya gimana, itu bisa kamu baca secara lengkap di sini. Yang jelas, piñata itu konon berasal dari tradisi orang-orang Meksiko, hampir di setiap acara perayaan ada piñata. Tadinya bentuknya konvensional gitu cuma bintang segi enam, tapi semakin kesini bentuk piñata semakin beragam dan lucu-lucu. Biasanya piñata ini akan digantung, terus si yang ulang taun akan ditutup matanya dengan blindfold dan dikasih semacam stik kayu (atau stik baseball) untuk mukul piñata itu. Begitu kena, si piñata akan hancur dan berhamburanlah isi dalemnya yang biasanya adalah macem-macem cokelat dan permen. Yuuummm!
How to play with pinata

Cara buatnya susah-susah gampang, yang pastinya sih butuh ketekunan. Sementara orang-orang sedang heboh musim cupcakes dan pengen mencoba membuat *efek kebanyakan nonton DC Cupcakes Starworld* saya tertarik bikin piñata ah! Hahaha.. Kita liat saya cuma omong doang atau gimana :p

0 comments:

 
Header image by sabrinaeras @ Flickr